Detail Artikel

Bertempat di Aula Hangtuah Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Riau dilaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan dengan tema Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Elektronis, Rabu (01/08/2018).

Dalam kesempatan ini Poltekkes Kemenkes Riau mengutus 3 orang pustakawan, yaitu Ovita Fitrisia, S.Pd.,M.Ed, Kartini, S.IP dan Dzikrullah, S.IP. Kegiatan ini juga diikuti oleh pengelola perpustakaan dan pustakawan yang berasal dari berbagai instansi mulai SD, SMP, SMA, SMK, Perguruan Tinggi dan Instansi Pemerintah baik dari kota Pekanbaru maupun luar kota Pekanbaru yakni dari Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Pelalawan sebanyak 80 orang peserta.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Perpustakaan Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Dr. Riko Bintari Pertamasari, M.Hum, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Riau Dr. Ir. Nana Sutrisna, MP, Kasie KsPP BPTP Riau Fahroji, S.TP., M.Sc, Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Riau Dr. Hj Rahima Erna, M.Si.

Kepala BPTP Riau menyambut baik acara pengelolaan perpustakaan ini.  Dr. Nana juga menyampaikan setiap informasi khususnya teknologi banyak terdapat di perpustakaan oleh sebab itu sebaiknya dimanfaatkan secara maksimal. Kemajuan informasi teknologi khususnya internet menjadi tantangan utama  perpustakaan saat ini. Dibutuhkan ide kreatif dan cerdas untuk membuat perpustakaan ideal yang mampu menjawab tantangan jaman.

Kepala Bidang Perpustakaan Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Dr. Riko Bintari Pertamasari, M.Si dalam arahannya sekaligus membuka acara memperkenalkan bahwa Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA)  merupakan unsur pendukung Kementerian Pertanian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Jendral yang memiliki tugas pengelolaan perpustakaan dan penyebaran informasi ilmu pengetahuan serta teknologi pertanian.

Pada kesempatan ini, juga Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Riau Dr. Hj. Rahima Erna, M.Si memberikan materi mengenai Pengelolaan Pepustakaan Berbasis Elektronis. Kemajuan teknologi informasi tidak dapat dibendung namun kita harus memanfaatkannya secara efektif dan efisien

Dalam kegiatan ini diharapkan "Penerapan IT dalam mengelola perpustakaan sangat membantu kinerja pustakawan diantaranya inventarisasi, katalogisasi, sirkulasi sampai dengan menyediakan layanan Wifi sebagai kebutuhan akan masa kini, agar terwujudnya perpustakaan masa depan berbasis elektronik.