Detail Artikel

Pada hari Jumat 24 Juni 2022, Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Riau kembali mengadakan Workshop hari kedua dengan tema “Pengembangan Repository” setelah hari sebelumnya telah menyelesaikan Workshop Manajemen Pengembangan Arsip Digital.

Kegiatan disampaikan oleh langsung oleh Narasumber Bapak Hadira Latiar, S.IP., M.A, selaku Dosen Prodi Ilmu Perpustakaan Universitas Lancang Kuning.

Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Riau sendiri telah memiliki akses repository pada alamat http://repository.pkr.ac.id/, dan sudah mulai dikembangkan sejak 5 tahun belakangan, Mahasiswa dan dosen dapat mengupload dan melihat koleksi grey literature seperti Karya Tulis Akhir (KTI) mahasiswa serta jurnal dan penelitian dosen secara open akses bagi civitas akademika.

Pada kesempatan ini Narasumber banyak melakukan sharing dan menyampaikan pemaparan tentang Pengembangan Aplikasi Eprinst (Repository) dengan pustakawan.  Adapun materi yang disampaikan yaitu tentang Profil dan sejarah eprint, Mengenal fitur-fitur eprint, Mengelola repositori melalui eprint, Melakukan cadangan data eprint, Optimasi penggunaan eprint.

Acara ini ditutup oleh Wadir III Pltekkes Kemenkes Riau, beliau penyampaian kata-kata penutup berharap tenaga perpustakaan dan IT Poltekkes Kemenkes Riau dapat mengembangkan Aplikasi Repository sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat memberikan media atau akses kepada civitas akademika maupun keterbukaan public atas informasi. Acara ini diakhiri dengan penyerahan piagam sertifikat narasumber dan sesi foto bersama.