Detail Artikel

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan tahun 1445 H, pustakawan Poltekkes Kemenkes Riau mengadaan kegiatan makan bersama di ruang perpustakaan Poltekkes Kemenkes Riau, kegiatan ini merupakan tradisi tahunan yang biasanya dilakukan oleh pustakawan dalam rangka menyambut ramadhan, kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Kepala Unit Perpustakaan Ibu Okta Vitriani,SKM,M.kes, dan pembacaan doa Oleh Bapak Dzikrullah,S.IP, dan dilanjutkan dengan makan bersama dan salam-salaman saling maaf memaafkan.

Bulan ramadhan merupakan ajang bagi seluruh umat islam, untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada allah SWT. Salah satu keutamaan bulan ramadhan adalah Turunnya Al-Quran pada bulan Ramadhan menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan yang istimewa bagi umat muslim. Maka membaca dan memahami makna setiap ayat Al-Quran ketika bulan Ramadhan menjadi salah satu ibadah yang dapat dilakukan oleh setiap umat muslim untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan menguatkan keimanan kita kepada Allah SWT. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya,

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil)….” (Al-Baqarah, 185:2)

Setiap bulan Ramadan umat muslim lebih banyak meluangkan waktu untuk membaca (tadarus) atau mengaji Al- Qur’an bersama-sama dengan lebih intens dibandingkan bulan yang lain. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut :

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf". Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari). 

Membaca Alquran dapat menenangkan hati dan pikiran. Semakin rajin membaca Alquran, maka semakin dekat dengan Allah SWT, semakin jiwa tersadarkan dengan keajaiban Al-Quran, dengan keindahan bahasa dan muatannya, hal ini dapat menambah keimanan kepada Allah SWT. 

Membaca Alquran dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan pada hari kiamat serta Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang mengamalkannya. Untuk itu mari kita memperbanyak membaca alquran agar dapat menjalankan ramadhan dengan baik agar menjadi insan yang bertaqwa. Jadikanlah alquran sebagai pedoman yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga allah SWT menggolongkan kita menjadi orang-orang yang bertakwa. Amin Ya Rab…