Detail Artikel

Peningkatan mutu layanan perpustakaan merupakan suatu upaya berkelanjutan. Baik tidaknya mutu layanan perpustakaan dapat diketahui melalui audit mutu dari badan penyelenggara audit mutu internal maupun eksternal.. Audit yang dilakukan untuk menentukan tingkat kesesuaian pelaksanaan kegiatan terhadap standar internal organisasi sendiri, peraturan, prosedur, instruksi kerja, dalam rangka peningkatan mutu institusi dan mengurangi risiko ketidaktercapaian standar/penurunan kualitas.

Berkaitan dengan hal tersebut, hari Senin, 22 April 2024, dilakukan kegiatan audit mutu eksternal dengan menggunakan Standar ISO 21001:2018 yang dilakukan oleh SAI Global dengan auditor Bapak Fahrul Rozi. Kehadiran auditor AME ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa seluruh prosedur kegiatan layanan yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Riau sudah sesuai dengan standar layanan sehingga dapat tercapai tujuannya yaitu kepuasan pemustaka.

Proses audit terhadap dokumen-dokumen yang berlangsung di ruang pertemuan perpustakaan berlangsung selama satu jam. Auditor memilih memeriksa dokumen berkaitan dengan Standar Operasional Prosedur Perpustakaan yang berkaitan dengan pelayanan. Hasil yang diperoleh dari proses audit Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Riau adalah “Tidak Ada Temuan” karena segala proses kegiatan pelayanan dan prosedur perpustakaan sudah sesuai dengan Standar ISO 21001:2018 dan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) dari Perpustakaan Nasional. Alhamdulillah, semoga Perpustakaan Poltekkes Riau dapat terus memberikan pelayanan prima kepada pemustaka dan masyarakat sekitar.