Detail Berita

Perpustakaan Poltekes Kemenkes Riau saat ini sedang melaksanakan pengembangan  Website Perpustakaan dengan pihak ke 3, Pengembangan website atau yang biasa juga dikenal dengan istilah web development adalah sebuah proses mulai dari merancang, membangun, dan mengoptimasi sebuah website hingga bisa berjalan sesuai dengan fungsi yang diinginkan.

Pengembangan ini dilakukan karena pesatnya kemajuan informasi dan teknologi terutama pada bidang pendidikan dan kesehatan, sehingga banyak membuat pemustaka sudah mulai sadar akan kebutuhan informasi.

Media informasi dan telekomunikasi saat ini merupakan media yang dapat digunakan dalam proses transaksi informasi, dengan adanya teknologi informasi dan telekomunikasi yang berkembang pesat sangat membantu  pemustaka dalam pencarian informasi perpustakaan.

Kebutuhan pemustaka saat ini bukan hanya sekedar hanya mencari buku teks atau referensi jurnal tercetak, akan tapi bagaimana informasi tersebut dapat dikemas dengan bentuk digital dan diakses dengan cepat dan mudah.

Dalam kesempatan ini, staf perpustakaan Bapak Dzikrullah,S.IP  sedang melaksanakan pembahasan terkait pengembangan Website Perpustakaan dengan Bapak Eki Alpino selaku Konsultan IT. Adapun beberapa pengembangan yang ingin di capai dalam  pengembangan website perpustakaan antara lain :

-          Mendesain ulang tampilan menu home, dan tampilan slide informasi;

-          Menambah fitur aplikasi yang dapat mengupload dokumen baik berbentu gambar,video,file pdf dll

-          Manambah fitur laporan berupa statistik perpustakaan.

-          Menambah halaman dan menu secara dinamis pada website perpustakaan

-          Menambah fitur pengumuman, yang dapat ditampilkan pada menu home secara update

-       Penambahan menu buku digital yang dapat dibaca secara online dengan tampilan slide yang menarik, serta dapat dapat akses untuk pengguna dengan fasilitas download dengan menggunakan username dan password

-          Menambah fitur E-Resources yang dapat diakses secara gratis.

 

Dengan diskusi ini diharapkan, pengembangan webside perpustakaan dapat berjalan sesuai rencana, sehingga webside perpustakaan poltekkes kemenkes riau, kaya akan informasi dapat memudahkan pengguna dalam mencari dan mengakses informasi.