Detail Artikel

Pada tanggal 28-30 Mei 2024 di Hotel Pangeran Pekanbaru, dilaksanakan kegiatan Koordinasi dan Advokasi  dengan Mitra Jejaring Indonesia One Search se Provinsi Riau yang ditaja oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, kegiatan ini di ikuti oleh seluruh pustakawan Dinas, Perguruan Tinggi,Sekolah se Provinsi Riau.

Perpustakaan Nasional RI mengundang para pengelola perpustakaan pemilik repositori digital dan katalog online untuk berpartisipasi dalam kegiatan “Koordinasi dan Advokasi dengan Mitra Jejaring Indonesia One Search di Provinsi Riau” agar mendapatkan pemahaman, pembimbingan, dan solusi yang dapat diupayakan bersama sehingga dapat bergabung dan berkontribusi dalam portal Indonesia One Search. Termasuk Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Riau mendapat kesempatan untuk menghadiri acara tersebut dengan diwakili oleh Bapak Dzikrullah,S.IP

Portal Indonesia One Search ini merupakan milik berbagai perpustakaan yang bekerjasama dalam jejaring nasional sebagai upaya mengentaskan kesenjangan sebaran perpustakaan di Indonesia. Peran seluruh perpustakaan dengan khasanah dan ragam koleksi yang dimiliki masing-masing sangat penting untuk mendukung misi nasional ini.

Indonesia OneSearch atau IOS adalah sebuah pintu pencarian tunggal untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, dan arsip di seluruh Indonesia. Selain itu, portal ini juga menyediakan akses ke sumber elektronik internasional (e-resources) yang dilanggan oleh Perpusnas RI untuk semua anggota yang mendaftar.

Jejaring perpustakaan adalah konsep kolaboratif di mana perpustakaan menggabungkan sumber daya dan layanan perpustakaan melalui jaringan komputer, termasuk internet. Hal ini memungkinkan berbagai perpustakaan bekerja sama untuk memberikan akses lebih luas dan efisien terhadap koleksi dan sumber daya.

Konsep dasar jejaring perpustakaan adalah bahwa perpustakaan yang tergabung, berbagi informasi dan sumber daya perpustakaan, menciptakan sistem yang lebih kuat dan lebih kaya yang bermanfaat bagi semua pihak.

Acara ini dibuka langsung oleh Plh.Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau (Nurhasnin,SP.,MP). Beliau mengatakan koordinasi dan advokasi dengan mitra jejaring Indonesia One Search merupakan satu langkah maju dalam memperkuat jejaring perpustakaan di Indonesia.

Indonesia One Search mulai mengembangkan informasi sejak tahun 2015 dan diluncurkan pada Maret 2016 bersamaan dengan pengukuhan Najwa Shihab sebagai Duta Baca Indonesia. Kemudian berlanjut diadakan workshop IOS dan INLISLITE pada bulan November 2016.

Tujuan dari kegiatan ini diharapkan dengan adanya portal Indonesia One Search ini apabila pemustaka membutuhkan suatu bahan referensi tidak ada lagi kata tidak tersedianya bahan referensi tersebut.

Pada kesempatan ini Bapak Taufiq juga mengajak tenaga pengelola perpustakaan bersama-sama untuk mengembangkan portal IOS ini sehingga memudahkan pemustaka mendapatkan bahan rujukan melalui pustakawan diperpustakaan yang dikunjungi melalui portal IOS. Selain itu tujuan dari koordinasi dan advokasi dengan mitra jejaring indonesia one search dapat diakses koleksinya dengan target 781 perpustakan dan jumlah 1.100.000 judul yang dimana sasarannya merupakan perpustakaan perguruan tinggi dan perpustakaan jenis lainnya.

Semoga dengan bergabungnya Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Riau ke Indonesia One Search dapat menjadikan informasi semakin mudah dan cepat untuk kebutuhan pemustaka.