Detail Berita

Akreditasi Perpustakaan merupakan rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh Lembaga yang menyatakan bahwa suatu lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan minimal untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan. Akreditasi perpustakaan bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan pemustaka terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan. Sedangkan manfaat yang didapat dari akreditasi bagi perpustakaan adalah meningkatkan motivasi semua unsur yang terlibat dalam pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan kinerjanya

 

Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Riau telah mendapatkan akreditasi A. Oleh karena itu, berdasarkan surat dari Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Riau mendapat kesempatan untuk memberikan pendampingan kepada Perpustakaan Bapelkes Batam yang akan melakukan persiapan akreditasi di Bulan Agustus 2024. Pendampingan dilakukan sebanyak 3 (tiga) kali yaitu 2 (dua) kali melalui luring via zoom meeting dan 1 (satu) kali pendampingan secara luring. Pendampingan Pertama dilakukan pada hari Jumat, 21 Juni 2024.

Acara pendampingan dibuka dengan sambutan masing-masing kepala institusi. Perpustakaan Poltekkes Riau diwakili oleh Ibu Direktur Rully Hevrialni, SST, M.Keb dan Perpustakaan Bapelkes Batam diwakili oleh Bapak Khaeruddin, S.Kep, Ners, MKM. Proses pendampingan ini bertujuan sebagai sarana diskusi/sharing antara dua instansi terkait persiapan akreditasi untuk mempersiapkan Borang 9 Komponen dan sesuai kriteria Standar Nasional Perpustakaan.


Agenda pendampingan adalah pembahasan kiat-kiat sukses akreditasi berdasarkan pengalaman akreditasi Perpustakaan Riau yang dipaparkan oleh Ka. Unit Perpustakaan, Ibu Okta Vitriani, SKM, M.Kes, kemudian dilanjutkan dengan membahas Borang Akreditasi Bapelkes Batam Komponen 1 Koleksi Perpustakaan dan Komponen 2 Sarana Prasarana Perpustakaan yang dipandu oleh Kepala Perpustakaan Bapelkes Batam, Ibu Dila Gulastri, A,Md. Dengan adanya diskusi dalam proses pendampingan ini diharapkan dapat membawa Perpustakaan Bapelkes Batam mendapat nilai akeditasi “A” serta menjadi masukan dan evaluasi bagi Perpustakaan Poltekkes Riau agar tetap memberikan pelayanan terbaik dan mempertahankan nilai akreditasinya.

Salam Semangat ! Salam Literasi!