Detail Berita

Pada hari Kamis, 22 Agustus 2024, Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Riau menggelar workshop tentang Penguatan Peran Pustakawan dalam mengembangkan Literasi Informasi dan Pemanfaatan Bibliometrik Mapping sebagai Wujud Layanan Research Service di Perguruan Tinggi secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan workshop ini dilakukan selama 2 (dua) hari tanggal 22-23 Agustus 2024. Pelaksanaan workshop khusus ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperdalam soft skill dan kompetensi Pustakawan di Unit Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Riau berjumlah 6 (enam) orang.

Hari pertama kegiatan workshop membahas materi tentang Pemanfaatan Bibliometrik Mapping sebagai Wujud Layanan Research Service di Perguruan Tinggi dengan Narasumber Bapak Nurmaya Prahatmaja, M.A. Kegiatan dibuka oleh MC Pustakawan Poltekkes Kemenkes Riau Cabang PSDKU Rengat, Ibu Deri Laila Mubarika, S.IP dan acara dipandu oleh moderator, Ka.Unit Perpustakaan, Ibu Siti Aisyah, S.Sos.

Pembukaan kegiatan workshop dilakukan dengan sambutan hangat dari Direktur Poltekkes Kemenkes Riau, Ibu Rully Hevrialni, SST, M.Kes. Dalam sambutannya, Ibu Direktur berharap hasil dari pelaksanaan workshop ini memiliki tindak lanjut berupa inovasi dalam meningkatkan kinerja perpustakaan serta berperan dalam perkembangan penelitian, riset dan publikasi dengan memberikan referensi yang relevan dan up to date di Poltekkes Kemenkes Riau.

Dalam pembelajaran melalui workshop, Pustakawan diberi pengetahuan mengenai Analisis Bibliometrik, Konsep Aplikasi Tahapan dan Analisis Bibliometrik menggunakan Aplikasi Vos Viewer, disertai praktik langsung yang dipandu oleh Narasumber, Bapak Nurmaya Prahatmaja.

Semoga dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan mutu dan Tri Darma Perguruan Tinggi khususnya di lingkungan Poltekkes Kemenkes Riau.

Salam Literasi!